Hari Keenam Belas
Pembaca
harus percaya bahwa karakter Anda benar-benar ada atau mungkin ada—dan
mereka harus digambarkan secara berbeda. Dan tidak ada cara yang lebih
baik dalam mendefinisikan karakter selain tindakan mereka, tujuan mereka
dalam hidup. Tujuan mereka bisa baik atau buruk. Hal itu tidak menjadi
soal. Yang paling penting adalah pembaca melihat tindakan dan tujuan
mereka, mempercayai mereka, dan terus-menerus merasa tertarik dengan
mereka.
Jangan
menulis cerita yang berisi ribuan orang. Tulis cerita tentang satu, dua,
atau tiga karakter yang mudah diingat, dan semuanya memiliki tujuan.
Hari Ketujuh Belas
Anda
membutuhkan seorang protagonis yang kuat. Kebanyakan penulis mengalami
kesulitan menciptakan karakter yang lebih besar dari hidup, dikembangkan
secara penuh, dan seorang protagonis yang konsisten.
Ingat,
protagonis adalah karakter utama cerita Anda. Ia adalah orang yang para
pembaca akan mengidentifikasikan diri mereka dengannya. Anda ingin
pembaca Anda peduli dengan protagonis Anda. Ia adalah sahabat baru Anda
sekarang.
Hari Kedelapan Belas
Pikirkan
siapa yang akan diperlukan dalam cerita Anda dan apa yang akan mereka
lakukan secara bersama-sama atau kepada satu sama lain, dan apa yang
akan dilakukan oleh cerita kepada mereka. Apakah mereka semua berjalan
ke arah yang sama? Apakah mereka berjalan ke enam arah yang berbeda?
Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan penting ini: Siapa yang akan tampil
paling menarik di hadapan pembaca? Inilah pengujian penting dan nyata
dalam pengembangan karakter dan pembuatan plot. Apakah pembaca Anda akan
merasa tertarik? Apakah mereka akan peduli?
Agar
pengembangan plot dan karakter berhasil, Anda perlu membuat pilihan yang
sulit. Anda harus bersikap kejam terhadap karakter dan cerita Anda.
Siapa yang akan ada di dalam, siapa yang akan di luar? Apa yang akan ada
di dalam, apa yang akan di luar?
Sejujurnya, di tempat inilah kebanyakan calon novelis akan berhenti dan
gagal. Mereka tidak bisa memaksa dirinya untuk membuat pilihan. Mereka
merasa kagum atau lumpuh oleh kemungkinan yang ada di hadapan mereka.
Jangan
coba-coba melakukan hal itu. Cobalah bersikap kejam. Tentu saja, Anda
bisa mencoba berbagai pilihan berbeda, namun gerakkan cerita tersebut ke
depan berdasarkan kejadian demi kejadian, dengan membawa masing-masing
karakternya bersama Anda. Ketika masing-masing kejadian terungkap,
setiap karakter harus bereaksi terhadap hal itu. Sebagaimana yang akan
mereka lakukan dalam kehidupan nyata.
Jika
seorang anak tertabrak dan tewas oleh sebuah mobil, kehidupan
pengemudinya akan berubah untuk selamanya, begitu pula dengan kehidupan
orang tua, kehidupan saudara kandungnya, teman, bahkan penjaga atau
orang-orang yang kebetulan berada di sana. Anda harus memutuskan bentuk
perubahan tersebut. Anda harus memutuskan. Ini adalah kesempatan Anda
bermain sebagai “Tuhan“—dan jika Anda akan menulis maka Anda harus
memainkan peran itu. “Tuhan“ ada dalam detilnya, dan “Tuhan“ memutuskan
jalan novelnya.
Hari Kesembilan Belas
Teruslah
mengajukan pertanyaan, “mengapa?” Saat Anda sampai pada akhir minggu
kedua menentukan karakter, Anda akan memiliki setumpuk kartu karakter
berukuran 5x7 yang menampilkan detil mendalam mengenai kehidupan pribadi
karakter dalam cerita Anda, hingga ukuran pinggang dan warna favorit
mereka. Novelis Vladimir Nabokov menyusun semua novelnya berdasarkan
kartu indeks.
Hari Kedua Puluh
"Suara”
Anda adalah suara Anda. “Gaya” Anda adalah gaya Anda. Jangan mencoba
“meniru” sejumlah penulis terkenal. Banyak penulis pemula yang merasa
harus menambahkan sesuatu pada “suara” mereka di atas halaman yang
dicetak. Anda yang ada di halaman tersebut adalah Anda dalam kehidupan
sebenarnya, sama rumitnya, sama duniawinya, atau sebaliknya. Ini bukan
soal. Teruslah menulis dan terus membuang hal-hal buruk dan tidak nyaman
yang mungkin masuk ke dalam tulisan Anda. Bersikap alamiah. Sebagaimana
yang ditulis oleh novelis Prancis, René de Chateaubriand, "Penulis
tulen bukanlah orang yang meniru seseorang, namun orang yang bisa ditiru
oleh orang lain."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar